Membuat unit iklan pertama google adsense

08:34 Anonymous 4 Comments

Banyak orang yang masih bertanya-tanya, setelah kita mendaftar adsense apakah iklan langsung muncul di blog kita tanpa kita melakukan apa-apa?
atau itu hanya pertanyaanku saja hehe..
Soalnya waktu pertama google adsense ku diterima, ada email masuk disuruh log in menuju akun adsense kita. Aku sempat bingung juga, aku pikir setelah kita daftar adsense blog/website kita akan otomatis muncul iklan adsense, ternyata qw salah besar.
Setelah kita disetujui oleh adsense, kita harus membuat unit iklan baru
1. Log in akun adsense
2. Pilih My Ads diurutan kedua setelah Home 



   lalu pilih New Ad Unit dan akan muncul seperti dibawah ini :


  Tinggal beri nama unit iklan pertama kita sesuai yang kita mau, contoh Ad #1, Setelah itu silahkan pilih ukuran iklan yang kamu inginkan.Tinggal kita klik saja gambar salah satu ukuran unit iklan, kalau mau liat previewnya tinggal kita klik aja preview dibawah unit iklan masing-masing.

4. Aku pilih ukuran 300x250 dan seperti ini kalau kita preview.


Lanjut kita pilih jenis iklan yang kita mau. Ada 3 pilihan jenis iklan :
a. Text & Display Ads : menampilkan 2 variasi iklan berbasis text dan gambar
b. Display ads only : menampilkan hanya jenis iklan gambar
c. Text ads only : menampilkan hanya jenis iklan text
Jenis-jenis iklan tersebut bisa kita sesuaikan dengan blog kita, misal jika blog kita cenderung berwarna putih, kita bisa membuat seolah-olah iklan tersebut menyatu dengan background kita. atau bisa kita masukkan disela-sela artikel kita agar para pembaca terkecoh dan tidak sengaja meng-klik iklan kita hahaha jahat sekali trik nya. Aku pilih yang Text & Display Ads.

4. Lalu Text ad style
   Fungsinya untuk membuat iklan kita lebih menarik dari sisi penampilannya, kita bisa pilih warna ataupun style iklan yang kita mau. Aku sih biasanya pilih yang default hehe


5. Custom Channels
   Menurutku custom channels ini adalah penyaring pengiklan yang akan tayang di blog kita. Misal kita gak suka tuh iklan tentang mobil atau sesuatu. Kita tinggal ketik aja iklan apa yang boleh muncul di blog kita. Para pengiklan juga akan mikir-mikir ya, seandainya blog kita mempunyai traffic yang low, terus artikel gak begitu berkualitas tapi kita pilih-pilih iklan. Para pengiklan pasti juga gak akan mau jika iklannya tayang di blog kita. Aku sih gak pernah ku isi. Lagian detailnya seperti apa kalau kita nanti isi aku juga belum pernah coba hehe :P



6. Backup ads
    Backup ads ini adalah situasi saat belum ada atau tidak ada iklan yang tayang di blog kita. kita             diberi 3 pilihan :
   a. Show blank space : menampilkan iklan kosongan
   b. Show other ads from another url : jika iklan google tidak tampil maka akan muncul iklan dari              selain google (contoh : kliksaya)
   c. Fill space with a solid color : area iklan akan full warna tanpa iklan, dan warnanya pun bisa kita           pilih sendiri.


7. Setelah itu Save and get code dan akan muncul kode iklan kita. kita bisa langsung mengcopy kode tersebut dan menempatkannya di widget HTML/Javascript atau langsung kita paste kan di html artikel kita.

Ini contoh ketika saya tambah widget di tata letak blog saya. Pilih HTML/JavaScript


Setelah kita pastekan kodenya klik simpan dan coba lihat blog kalian


Pasti kan muncul kotak kosong seperti ini

Loh loh loh kok punya adminnya langsung muncul iklannya sih? pasti kalian mikir gitu kan?
Di akun adsense ku yang keblokir baru beberapa hari kemudian iklan muncul, tapi entah kenapa ini aneh banget, setelah aku simpan kodenya aku lihat blog dan tara sudah ada iklannya ^^ wah senengnya. gak nyangka. buat akun adsenseku yang baru ini memang luar bisa menurutku, daftar adsense belum seminggu diterima, iklan langsung muncul wiiihh aku seneng  banget.
Anehnya status iklanku masih New bukan Aktif, padahal kalau aktif iklan baru akan muncul lo


Tuh liat kan masih new, udah ku refreh juga tetep New, seras keberuntungan ada dipihakku ( plak plok Lebay) .Jika iklan telah tampil maka anda resmi bekerjasama dengan google horeee.....
Tinggal meningkatkan traffic blog.. ^^
Happy Happy Happy..........

4 comments:

  1. bang kalau unit iklannya masih status baru gimana, apa harus nunggu konfrim dri google nya bang.

    ReplyDelete
  2. Kunjungan balik gan http://allsoftware-software.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Saya newbie ingin pasang iklan berupa texs baris rapi tapi masih bingung .diblokade iklan teks nya besar terkesan kurang rapi

    ReplyDelete

Thanks for your comment

evanesavril95. Powered by Blogger.